Read more: http://www.uzumaki-popey.com/2013/01/cara-membuat-blog-agar-tidak-bisa-di.html#ixzz2STZj6lha

Rabu, 24 Juli 2013

Pengalaman Nyusun TA, Bimbingan Sampai Sidang Meja Hijau

Kalimat apa yang paling sering diutarakan oleh mahasiswa/i ketika menjelang detik-detik akhir akan meninggalkan kampus tempat mereka menimbah ilmu??
"Kayaknya sekarang ini lagi musim Tugas Akhir ya ? dimana-mana TA, TA dan TA"

Pengalaman Saya pada saat saya mengalami hal seperti ini dan di saat itu pula bertepatan dengan di bulan Ramadhan.
lagi gencar-gencarnya persiapan untuk maju ke meja sidang..
Mau dalam keadaan puasa udah ga peduli, rasa capek pun bercampur jadi satu menahan rasa lapar dan haus ketika itu.
Tapi, hikmah dibalik pengorbanan waktu itu telah membuahkan hasil..Alhamdulillah..

Tentunya rekan-rekan yang telah melewati tahap ini, pasti punya banyak kenangan terindah sampai terpahitpun di alaminya.
Seperti apa sih persiapan mereka menjelang hari-H nya??

Sibuk ngurus sana-sini… dari pagi hingga menjelang malam  stand by di kampus.
Mulai mengajukan tempat penelitian, pengajuan judul, belum dengan penolakan berkali-kali.

Ini pengalaman saya bersama sahabat saya dalam mencari tempat Riset/penelitian.
2 hari Kita berdua keliling-keliling kota Kisaran, untuk mencari tempat riset, itupun sering mengalami penolakan dari tempat yang ingin diajukan penelitian,
otomatis judulpun harus diganti  kembali. hemm,, tapi kami tidak menyerah terus bersemangat,,,
Sampai akhirnya mendapatkan tempat yang cocok di kampung-kampung, (yah di kampung orang-orangnya lebih banyak yang baik ya),hehehe



Selanjutnya Ini pengalaman saya saat pengajuan Judul,
Saat itu suasana di luar Hujan lebat, dengan Petir yang menyambar-nyambar,
Jantung pun terasa kan copot, hehe (ga lebay sih ini memang kenyataan kok)
Saat itu Mahasiswa/i antri untuk masuk ke ruangan PRODI, termasuk saya,
saat itu saya bersama dengan sahabat saya, kita berdua sudah stand by, dengan tidak memakai sepatu lagi, hanya memakai kaos kaki saja,
karena mau masuk ke ruangan PRODI nya itu harus lepas sepatu dan hanya diperbolehkan 2 orang- 2 orang saja sekali masuk.
Saat masuk sambil terus berdo'a dalam hati dan hasilnya adalah,,,,,
Alhamdulillah dari 3 judul yang saya ajukan, akhirnya di ACC juga satu judul. Ini baru langkah awal,
setelah itu penyusunan Tugas Akhir dan dibarengi dengan pembuatan Program, karena jurusan kita ini Istimewa, makanya pake ngebuat program juga.


Setelah itu Seminar Proposal,,,
yuhuuuiii,, maju ke depan dengan membawa laptop lalu disambungin ke Infocus,,
dengan disaksikan oleh para dosen dan mahasiswa/i.
Wah awalnya deg-degan sekali, tapi ternyata tak seperti yang saya bayangkan,
Alhamdulillah Seminar pun lancar, saya hanya diberi satu pertanyaan saja oleh dosen,
Eh sayanya malah bertanya kembali kepada dosen-dosen "Apakah ada yang ingin ditanyakan lagi Miss, Sir?"
Sontak saja teman-teman pada tertawa, lalu berkata "hahaha kami aja ga mau dikasih pertanyaan, kok kamu minta pertanyaan lagi" hehe
Hari itu pun berjalan dengan sangat baik, Alhamdulillah hasil seminar saya juga mendapat nilai yang bagus "A". hehe


Selanjutnnya Belum lagi dengan pembagian pembimbing dari kampus.
mencari pembimbing yang sering ke luar Kota,
Dalam Proses bimbingan ini banyak suka dukanya,
Setiap kali membawa Map berwarna biru dan jalan di depan ruangan dosen, langsung deh teman-teman becandain "cie,cie,cie"
hadeh,, saya juga suka gitu sih kalau ada teman yang mau bimbingan, jadinya gantian deh dibecandain, hehe
Saya mendapat pembimbing yang sangat teliti sekali, bahkan hanya kurang spasi dan tanda koma saja dia tahu.
huh,,, kerja keras, harus revisi demi mendapatkan "ACC"
Tapi saya sangat beruntung sekali mendapat dosen pembimbing seperti itu,
karena saya mendapat banyak sekali pelajaran dari dia, saya bisa jadi lebih pintar dan banyak tahu juga tentang penyusunan Tugas Akhir juga Program, hehehe
Pada saat kertas saya dicoret, waduh jujur hati saya sakit, karena sudah capek ngerjain, belum lagi harus nebuang kertas sia-sia.
Dari 96 halaman Tugas Akhir saya, dari 5 BABA Tugas Akhir Saya dan dari berlembar-lembar Lampiran di Tugas Akhir Saya, hanya 36 lembar saja yang mendapatkan coretan.
Wah lumayan keren juga Saya ya, hehe karena banyak yang benar, Alhamdulillah....
Tapi itu hal yang wajar kok, kan ga mungkin juga sekali mengajukan langsung di ACC, hehe
Pertama kali mendapat kata "ACC dan lanjut ke BAB berikutnya"
wah saya sangat senang sekali, yah walaupun sudah lumayan banyak perjuangan.
dari mulai tidur larut malam, tidak selera makan, bahkan jatuh sakit
karena memikirkan dan ngerjain Tugas Akhir + program ini.
Sampai-sampai dibilang "Kok kamu kurusan"
Santai saja langsung saya jawab, " Iya lah kurus, biar kelihatan aja kalau lagi nyusun TA, ntar kalau gemuk dikirain ga ngerjain lagi" hehehe
Setelah hampir 2 bulan lebih bimbingan akhirnya saya mendapatkan "ACC semua BAB dan langsung Uji Program". Alhamdulillah,,,,
Waduh,, jantung dag dig dug, tidur tak nyenyak, makan pun tak enak, apalagi kalau di ajak cerita suka ga nyambung alias ga connect, hehe
Tibalah saatnya Uji Program, Alhamdulillah ternyata lancar juga, tapi harus menyesuaikan Program dengan Rancangan di BAB 3.
Oke ga masalah, walau agak sedikit kecewa sih sebenernya, Tapi satu malam saya kerjain tuh rancangan di BAB 3 dan keesokan harinya saya print,
lalu saya ajukan kembali dan langsung deh saya mendapatkan kata di kartu bimbingan "ACC Sidang"
HUaahhh,, rasanya senang sekali, tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, hehehe
Saat itu, langsung deh temen-temen pada bilang, "cie, cie,cie"  haduh kan saya jadinya malu, hehe

Masuklah kita ke puncaknya, dag dig dug duarrrr ini jantung rasanya bener-bener deh,, tinggal senggol sedikit pasti akan copot tuh jantung, hehe (lebay)
Yang namanya manusia biasa pasti di hantui rasa ketakutan, belum lagi orang tua telah siap menunggu kita.
Andaikan kita tidak lulus ujian, apa yang orang tua rasakan, kekecewaan, pengorbanan materi.
Nah, di saat itu pula rasa deg-degan menghantui kita sepanjang perjalanan itu, kadang gak tidur semalaman hanya untuk memperjuangkan tugas akhir kita.
Tapi, entah gimana rasanya meluapkan rasa kelegahan ketika kita sudah keluar dari tempat tersebut.
Pagi, Selasa 16 Juli 2013, saya mendaftar Sidang, malamnya jujur ga enak makan, maupun tidur.
Apalgi siangnya itu dalam keadaan Puasa, jadi menambah lemahnya tubuh saya, sampai sakit segala.
Malamnya Saya sempatkan dulu untuk Tarawih berjamaah di Mesjid, lalu Tadarus, tapi Saya izin sama teman-teman hanya Tadarus sebentar saja, lalu pulang duluan,
dengan alasan "Besok Mau Sidang Meja Hijau"
tak lupa juga saya minta bantuan do'a dari teman-teman supaya persidangan lancar dan Sukses.

Keesokan harinya, pagi-pagi setelah sahur, sekitar jam setengah enam pagi saya berangkat ke Kampus untuk mendaftar dan mengikuti Persidangan.
Dalam keadaan memang ngantuk, dingin karena sakit juga, sudah tak saya hiraukan lagi, dalam perjalanan terus berdo'a dan sesekali menghapal isi Tugas Akhir Saya.
Sampai di kampus langsung mendaftar dan saya dapat urutan ke sembilan, Oke tak masalah yang penting harus sidang di jadwal hari pertama, supaya pikiran saya bisa tenang.
Waktu menunggu masuk ke ruangan persidangan teman saya berkata "Kamu kenapa, kok mata kamu kelihatan ga siap untuk Sidang"
Langsung saja saya jawab, "biasa Saya ketakutan aja tadi, karena belum mendaftar"
Mereka ga tahu padahal untuk memikirkan ini saja saya sampai sakit, hmmm

Setelah sekitar jam 10 Pagi persidangan dimulai, dan tiba saatnya saya untuk maju, pertama Saya menghadap ke dosen Penguju yang 1
untuk pengujian tentang Teori, waduh,,, banyak banget pertanyaannya, mulai dari Judul kata demi kata nya ditanyain artinya.
Dari BAB 1 sampai BAB 5 juga ditanyain, huh,, untungnya saya sudah siap tempur, jadi Alhamdulillah semua pertanyaan dapat terjawab.
Hanya ada satu Kata saja yang salah jawab, dan langsung saja itu dosen penguji berkata "SALAH"
Saya kaget sekali saat itu, Saya berpikir akan ada pertanyaan  lagi, kebiasaan Saya selalu sok minta pertanyaan, hehe
Langsung saja setelah itu dosennya pun berkata "Silahkan kembali"
Saat itu pikiran Saya mulai tak tenang lagi karena kepikiran. Dalam hati saya berkata "saya salah jawab satu kata doang, tapi kok Saya takut ga lulus ya"

Setelah itu jam istirahat, karena duduk berjam-jam dalam ruangan dingin, Saya pun mulai merasakan badan saya yang semakin demam,
Saat itu jam istirahat dan saya tinggal menghadap 1 Dosen penguji lagi, alias penguji Program.
Karena pikiran Saya tak tenang dan badan Saya semakin panas, Saya malas beranjak dari tempat duduk.
Saya terus berdo'a dalam hati sambil duduk tapi sambil selimutan pake Jas Almamater Saya.
Teman-teman pun mulai curiga, "Wah ternyata Sakit dia"
Mereka ga tahu yang membuat saya semakin sakit yaitu karena saya salah jawab satu kata doang. hmmmm

Setelah jam istirahat selesai, saya pun dipanggil lalu menghadap dosen penguji ke 2, alias pengujian Program.
Alhamdulillah dalam pengujian Program, Program Saya berjalan Lancar hanya ada salah satu kata juga, seharusnya "Jam"
eh diprogram saya tertulis "Hari"
hadeh,, kepikiran lagi....
Setelah itu beberapa menit kemudian, tibalah saatnya pengumuman.
Belum aja pengumuman, eh sahabat saya sudah nangis, yah gimana saya ga ikutan nangis coba.. hmmm
Dalam pengumuman itu kami dibariskan diruangan Aula dalam satu barisan, Persidangan hari pertama itu kami ada sekitar 23 orang.
Dalam kata sambutan beberapa dosen itu, tangan saya terus bergandengan dengan sahabat saya, dalam hati terus berdo'a dan berdzikir...
Semoga Saya Lulus.

Setelah para dosen selesai memberikan kata sambutan, barulah pengumuman di mulai.
Pertama Jurusan Tekhnik yang dibacakan oleh ketua PRODI Tekhnik Komputer,
Selanjutnya Jurusan Komputerisasi Akuntansi yang juga dibacakan oleh ketua PRODIK Komputerisasi Akuntansi.
Dan yang terakhir pengumuman Jurusan Manajemen Informatika atau tepatnya Jurusan Saya, Semua dipanggil dan diumumin, oleh Ibu direktur.
Lah kok Saya dan ke 5 teman Saya ga diumumin, kata direkturnya. "Sudah tidak ada lagi kan yang belum dipanggil?"
Langsung deh salah satu teman saya mengangkat tangannya. "Miss, kami belum diumumin"
Terus direkturnya pun menjawab. "Kalian ada kesalahan apa? Kalian mau diumumin sekarang atau nanti temuin Miss secara langsung, karena kalian ngulang Sidang Senin Depan"
Langsung deh Air mata Saya mengalir, karena dalam hati saya berkata "Ya Allah kalau saya tidak Lulus, saya sudah mengecewakan Ibu dirumah, Saya ga mau Pulang kalau ga Lulus"
Dan ternyata setelah beberapa menit,, kami berenam di bariskan didepan para dosen, lalu ditanyain satu persatu,"Apa masalah Kalian"
lalu kami jawab deh dan Saya menjawab "Di Program Saya seharusnya Jam, tapi Saya tulis Hari, Miss"
Ibu direktur itu pun hanya menganggukan kepalanya saja.
Dalam hati saya mulai curiga, "Kenapa kalau saya ga Lulus, ini kelima Teman Saya ga lulus juga? sedangkan mereka Berlima orang-orang Pintar"

Akhirnya Nilai Kami pun diumumkan. Tepat di jam 16.49 Wib "Dengan berat hati kalian dinyatakan,,,,,,
(Jantung saya berdebar kencang sekali, tangan Saya terus menggenggam salah satu teman disamping saya)
Lulus dengan Nilai A" langsung saja deh Saya mengucap "Alhamdulillah  dan saya peluk itu teman Saya yang berada di samping Saya. hehe
Hari itu penuh dengan ketegangan, menguras tenaga, pikiran, emosi dan air Mata.
Langsung deh air mata mengalir tiada henti, karena terharu, Akhirnya saya Lulus juga. hehehe. Hari itu menjadi hari yang *Istimewa* hehe




 *Terima Kasih untuk Para Dosen yang sudah ngerjain Saya*


Oke, di sini saya ga bermaksud menakut-nakuti kamu-kamu yang berstatus sebagai  mahasiswa-mahasiswi, yang sebentar lagi bakal melewati masa itu.
Toh, itu kan udah menjadi kewajiban kita sebagai Mahasiswa/i, yang jelas hadapi dengan kesabaran, usaha dan berdo’a tentunya. Semua itu, akan terlewati sampai tujuan.
Tips dari Saya saat menghadapi dosen jangan tegang, hadapi dengan senyuman meski pun ada kecemasan dalam hati. dan yang paling penting kalau ditanya jangan pernah diam,
Jawab saja, walaupun jawaban kita itu salah, yang penting harus jawab, kalau saya sih ditanya, saya suka balik nanya, hehehe
Tapi Balik nanya nya tentang Tugas Akhir saya dong, bukan yang lain-lain, hehe...


Untuk teman-teman yang akan menghadapi masa-masa menyusun Tugas Akhir, Skripsi ataupun Tesisi Selamat Berjuang ya, kalian Pasti Bisa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar